Bagaimana format RPP untuk Pembelajaran Mendalam? Guru wajib memahami dan mengenali bagian yang ada di format RPP Pembelajaran Mendalam.
Melansir Instagram.com/ syafruddintowajo (dalam Melintas.id) format RPP Pembelajaran Mendalam sebagai berikut.
1. Identifikasi
Bagian Identifikasi terdiri dari peserta didik, materi pelajaran dan dimensi profil lulusan
Peserta didik dijelaskan tentang kesiapan belajar awal meliputi pengetahuan, minat, latar belakang dan kebutuhan belajar murid.
Kesiapan awal murid dapat dilihat dari hasil tes diagnostik atau tes awal untuk mengetahui kesiapan belajar, minat dan kebutuhan murid. Tes diagnostik dapat dilakukan sebelum pembelajaran berupa pilihan ganda berupa soal kognitif maupun non kognitif.
Bagian Materi Pelajaran,guru dapat menuliskan jenis pengetahuan yang akan disampaikan sesuai dengan relevansi, tingkat kesulitan dan integrasi nilai
Guru dapat membagi materi mulai dari yang sulit, sedang dan mudah disesuaikan dengan kemampuan murid berdasarkan pengetahuan awal.
Materi yang disampaikan juga relevansi dengan dunia nyata bagi murid misalnya pengetahuan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.
Bagian Dimensi Profil Lulusan guru dapat memilih beberapa dari 8 dimensi disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Delapan Dimensi Profil Lulusan terdiri dari keimanan dan ketakwaan, Kewargaan, Kreativitas, Penalaran Kritis, Kemandirian, Kolaborasi, Komunikasi dan Kesehatan.
2. Desain Pembelajaran
Guru dapat mengisi desain pembelajaran yang terdiri dari:
Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah tersedia sesuai mata pelajaran. Selanjutnya topik pembelajaran yang akan dibahas pada pembelajaran yang direncanakan guru. Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai menggunakan kata kerja operasional dan mengacu pada kompetensi.
Lintas Disiplin Ilmu yaitu kemungkinan kolaborasi antar mata pelajaran seperti bahasa Inggris dengan Biologi atau Bahasa Indonesia dengan Sejarah
Praktik Pedagogis berisi metode pembelajaran yang akan diterapkan dalam pembelajaran seperti PjBL, PBL, Inkuiri, Kontekstual atau TPS.
Lingkungan Belajar yaitu ruangan belajar yang aman,nyaman dan mendukung pembelajaran meliputi ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, lingkungan sekolah atau lingkungan masyarakat.
Pemanfaatan Digital meliputi pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran seperti video, LMS, forum daring, kuis online atau aplikasi lainnya.
Kemitraan Pembelajaran yaitu terjalinnya kolaborasi antara guru, siswa, orang tua, komunitas atau Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).
3. Pengalaman Belajar
Pengalaman belajar dibagi menjadi 3 bagian meliputi:
Awal terdiri dari Orientasi dan Apersepsi bermakna dengan tanya jawab ringan agar murid fokus. Guru juga dapat mengajak murid ice breaking sederhana untuk mendapat perhatian murid.
Motivasi bagian awal yang guru berikan kepada murid melalui quotes yang menginspirasi atau cerita yang menyentuh hati agar murid menyimak dengan baik
Inti pada pembelajaran mendalam meliputi: Memahami yaitu membangun konsep dari berbagai sumber belajar baik buku maupun internet. Mengaplikasi yaitu praktik nyata dalam kehidupan dan Merefleksi yaitu evaluasi diri rencana tindak lanjut dalam belajar.
Penutup terdiri dari umpan balik, simpulan dan perencanaan lanjutan pembelajaran yang telah disiapkan guru.
4. Asesmen pembelajaran
Guru akan menggunakan 3 jenis asesmen yaitu Asesmen As Learning (penilaian diri/sejawat), Asesmen For Learning ( umpan balik selama proses pembelajaran) dan Asesmen Of Learning (hasil pembelajaran dan tindak lanjut).
Teknik dan Instrumen dilakukan guru dengan cara: Observasi, Portofolio, Penilaian Proyek/Produk,Penilaian Diri/ Sejawat dan Tes Tertulis/Lisan menggunakan rubric kinerja.
Format RPP Pembelajaran Mendalam dapat dibuat guru dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan belajar murid agar pembelajaran bermakna, mendalam dan menyenangkan.
Editor Feri Irawan
Sumber Melintas.id
Posting Komentar