Oleh Hermansyah
Menyambut Hari Guru Nasional tanggal 25 November 2025, rencananya SMKN 1 Jeunieb tidak hanya menggelar upacara seremonial, melainkan menghadirkan kegiatan yang menyentuh hati, seperti creative video contest dengan tema “Ucapan Terima Kasih Guruku”, serta pemilihan Guru Inspiratif, Guru Favorit, Guru Teladan, Guru Inovatif, dan Guru Berdedikasi Tinggi. Semua kegiatan ini menjadi bentuk apresiasi nyata dari siswa kepada para pendidik yang telah berjasa membimbing mereka dengan penuh ketulusan dan keikhlasan.
Kegiatan Bulan Guru ini bukan sekadar lomba dan penghargaan, tetapi juga menjadi momen refleksi dan silaturahmi antar warga sekolah. Para siswa menunjukkan kreativitas mereka dalam membuat video ucapan terima kasih yang menggugah perasaan. Ada yang menampilkan kisah perjuangan guru di balik ruang kelas, ada pula yang menyoroti sisi lembut dan kesabaran guru dalam membimbing murid dengan beragam karakter. Setiap karya menjadi cerminan rasa hormat dan cinta yang tulus kepada sosok guru sekaligus orang tua yang telah berkorban demi kesuksesan anaknya.
Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah mempererat hubungan antara guru dan siswa. Melalui kegiatan seperti Teacher Appreciation Wall, siswa dapat menuliskan pesan dan harapan untuk guru-guru tercinta. Tidak hanya menghibur, kegiatan ini juga mengajarkan nilai empati, rasa syukur, serta penghargaan terhadap perjuangan para pendidik yang tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik dengan hati. Para guru pun merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berinovasi dalam mendidik generasi penerus bangsa.
Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Kepala Sekolah, Feri Irawan, S.Si., M.Pd., untuk menentukan pemenang dari berbagai kategori, pihak sekolah menggunakan sistem voting melalui Google Form. Siswa dapat memberikan suara mereka untuk video ucapan terima kasih paling kreatif, serta memilih guru inspiratif dan guru favorit versi mereka. Kriteria penilaian guru inspiratif dan favorit dapat dirincikan di bawah ini.
a. Kriteria Penilaian Guru Inspiratif sebagai berikut:
1. Keteladanan : Guru menjadi contoh dalam sikap, tutur kata, dan perilaku sehari-hari.
2. Dedikasi Tinggi : Memiliki semangat mengajar yang tinggi dan tidak mudah menyerah dalam mendidik siswa.
3. Kreatif dan Inovatif : Mempunyai ide-ide baru dalam pembelajaran yang membuat siswa lebih bersemangat.
4. Empati dan Peduli : Memiliki perhatian terhadap siswa, terutama bagi yang mengalami kesulitan belajar atau masalah pribadi.
5. Motivator : Selalu memberikan semangat, nasihat, dan inspirasi yang membangun kepada siswa.
6. Kedisiplinan dan Tanggung Jawab : Hadir tepat waktu, melaksanakan tugas dengan baik, dan menjadi panutan bagi siswa.
b. Kriteria Penilaian Guru Favorit sebagai berikut:
1. Kehangatan dan Kedekatan dengan Siswa : Guru mudah diajak bicara, ramah, dan menciptakan suasana nyaman di kelas.
2. Cara Mengajar yang Menyenangkan : Menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan.
3. Humoris dan Berkepribadian Positif : Memiliki selera humor yang baik dan mampu menciptakan suasana kelas yang ceria.
4. Perhatian dan Peduli terhadap Siswa : Selalu memberi dukungan dan nasihat ketika siswa membutuhkan.
5. Disiplin dan Adil : Menegakkan aturan dengan tegas namun tetap bersikap adil terhadap semua siswa.
6. Penampilan dan Sikap Menarik : Berpenampilan rapi, sopan, dan disukai karena pembawaannya yang positif.
Cara penilaian ini dianggap lebih adil dan transparan, karena melibatkan seluruh warga sekolah dalam memberikan apresiasi kepada para guru. Dengan sistem voting ini, setiap siswa memiliki kesempatan untuk menilai dan memilih guru yang benar-benar menginspirasi peserta didik dalam proses belajar maupun dalam kehidupan sehari-hari.
Melalui kegiatan yang bermakna ini, sekolah berharap bulan guru tidak hanya dirayakan dengan tepuk tangan dan bunga, tetapi juga dengan hati yang tulus dalam menghargai setiap langkah perjuangan guru yang merupakan sang pelita dalam gelap yang terus menerangi jalan masa depan generasi bangsa.
Penulis adalah guru bahasa Indonesia SMKN 1 Jeunieb

Posting Komentar